Sunday, July 22, 2012

Budaya Markuling-kuling Acca diwilayah Padang Lawas


Oleh : Riadul Abdi Harahap S.Th.I
Kalau ada yang bilang “Kuling-kuling acca...” jawabannya “Acca..”
Begitulah budaya memulai teka-teki di kabupaten padang lawas kira-kira maksudnya “ada teka-teki siapa yang bisa jawab”... maka dijawab “ia klo aku bisa jawab” (acca)
Kuling-kuling Acca adalah suatu permainan berbentuk teka-teki yang terdiri dari pertanyaan dan jawaban, anehnya terkadang jawabannya terkadang tidak masuk akal tapi tetap ada hubungannya dengan pertanyaannya.
Kuling-kuling acca (teka-teki ) sangat digemari kalangan anak anak padang lawas, karena budaya atau tradisi kuling-kuling acca ini sering dilakukan oleh orang tua yang melatih kerangka berfikir anaknya, sehingga ketika sianak marmayam-mayam (bermain) bersama teman-temannya dia memperaktekkan pengetahuan kuling-kuling acca yang ia pelajari dari ayah atau kakak2 nya dengan bermain teka-teki dengan teman2nya.
tidak hanya anak anak...  remaja dan orang dewasa pun turut membudayakan kuling-kuling acca ini.. biasanya untuk memulai cerita dalam merayu gadis anak-anak muda membuat satu pertanyaan kuling-kuling acca yag bisa menarik perhatian gadis yang ditujunya kepadanya, uniknya kuling-kuling acca ini bisa juga untuk menciptakan humor-humor yang membuat membuat gadis incarannya tertawa terpingkal-pingkal dan ujung-ujungnya jatuh hati kepadanya,
ssssst... jangan terlalu disebar-sebarkan ya... klo cwek itu suka cwok humoris..:)
Hehhmmmmmmmm... udah banyak yang tau kali yah...
Heheheheh.. ya udah klo gitu praktekin aja tips itu untuk membujuk semua orang yang lagi merajuk.. mau cwe mau cwok semua suka tu yag namanya humor.. tobang-tobang (nenek-nenek) juga suka tu humor...
kembali ke kuling kuling acca, tradisi kuling-kuling acca ini semakin hari semakin sedikit orang yang mempraktekkannya di daerah padang lawas,  padahal budaya kuling-kuling acca ini sangat dahsyat untuk mengasah kecepatan berfikir dan daya ingat seorang anak, akan tetapi seyogiyanya kuling-kuling acca yang harus dibudayakan itu adalah kuling kuling acca yang memberikan info dan pengetahuan yang berguna dan mendidik anak-anak.
Contoh praktek kuling-kuling Acca Di kabupaten padang Padang Lawas
Kuling-kuling acca
Acca
Dua pa adop-adop (dua saling berhadap-hadapan)
Dua pa huduk-huduk (dua saling membelkangi)
Piga ma halak nai i?? (berapa orang mereka itu??)
Jawabannya lihat dihalaman jawaban teka-teki klik dison

1 comments: