ALAT
PENILAIAN KEMAMPUAN GURU-PKP I (APKG-PKP I)
LEMBAR
PENILAIAN
NAMA MAHASISWA :SRI NAZWATY
NIM :814432231
TAMPAT MENGAJAR :SDN. No. 1757575 SUMATERA UTARA
KELAS / SEMESTER :IV/II
MATA PELAJARAN :MATEMATIKA
WAKTU :1X35 MENIT
HARI/TANGGAL :RABU, 7 MARET 2012
UPBJJ-UT :12/MEDAN
|
PETUNJUK
Baca dengan cermat rencana pembelajaran yang akan dugunakan oleh
guru/mahasiswa ketika mengajar, nilailah semua aspek yang teradapat dalam
rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian dibawah ini:
No
|
Uraian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1.
|
Menentukan bahan perbaikan dan
merumuskan dan tujuan / indikator perbaikan pembelajaran
|
|||||
1.1
|
Menggunakan bahan perbaikan pembelajaran yang sesuai dengan
kurikulun dan masalah yang diperbaiki
|
|||||
1.2
|
Merumuskan tujuan khusus/indikator perbaikan pembelajaran
|
|||||
Rata-rata
butir 1 = A
|
||||||
2.
|
Mengembangkan dan
mengorganisasikan materi, menentukan tema, media (alat bantu pembelajaran)
sumber belajar
|
|||||
2.1
|
Mengembangkan dan mengorganisasikan materi pembelajaran
|
|||||
2.2
|
Mengembangkan jaringan tema dan menentukan (khusus untuk
pembelajaran tematik)
|
|||||
2.3
|
Menentukan dan mengembangkan alat bantu pembelajaran
|
|||||
2.4
|
Memilih sumber belajar
|
|||||
Rata-rata
butir 2 = B
|
||||||
3
|
Merencanakan skenario perbaikan
pembelajaran
|
|||||
3.1
|
Menentukan jenis kegiatan perbaikan pembelajaran yang sesuai
dengan tema (untuk pembelajaran tematik)
|
|||||
3.2
|
Menyusun langkah-langkah perbaikan pembelajaran yang sesuai
dengan tema (untuk pembelajaran tematik)
|
|||||
3.3
|
Menentukan alokasi waktu perbaikan pembelajaran
|
|||||
3.4
|
Memilih sumber belajar
|
|||||
3.5
|
Menentukan cara-cara motivasi siswa
|
|||||
3.6
|
Mempersiapkan pertanyaan
|
|||||
Rata-rata
butir 3 = C
|
||||||
4.
|
Merancang
pengelolaan kelas perbaikan pembelajaran
|
|||||
4.1
|
Menentukan penata ruang dan fasilitas belajar
|
|||||
4.2
|
Menentuka cara-cara mengorganisasikan siswa agar dapat
berpartisipasi dalam perbaikan pembelajaran
|
|||||
Rata-rata
butir 4 = D
|
||||||
5.
|
Merencanakan prosedur dan jenis
penilaian (khusus untuk pembelajaran tematik prosedur penilaian harus
dilakukan secara berkala berkeseimbangan dan menyeluruh)
|
|||||
5.1
|
Membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban
|
|||||
Rata-rata
butir 5 = E
|
||||||
6
|
Tampilan dokumen rencana perbaikan
pembelajaran
|
|||||
6.1
|
Kebersihan dan kerapian
|
|||||
6.2
|
Penggunaan bahasa tulis
|
|||||
Rata-rata
butir 6 = F
|
Nilai APKG I = R
A+B+C+D+E+F
R=
----------------------- = ---------------------------------- =
---------- =
6
|
Mengetahui Bahal Batu, Maret 2012
Kepala Sekolah Supervisor 2
MUHAMMAD HANIF SThI RIADUL ABDI HARAHAP. SThI
NIP. 7968968790675646568 NIP. 09079790790687967957975765
0 comments:
Post a Comment