Wednesday, July 4, 2012

contoh APKG-PKP


ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU-PKP I (APKG-PKP I)
LEMBAR PENILAIAN
KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN

NAMA MAHASISWA          :SRI NAZWATY
NIM                                       :814432231
TAMPAT MENGAJAR          :SDN. No. 1757575 SUMATERA UTARA
KELAS / SEMESTER            :IV/II
MATA PELAJARAN              :MATEMATIKA
WAKTU                                  :1X35 MENIT
HARI/TANGGAL                   :RABU, 7 MARET 2012
UPBJJ-UT                               :12/MEDAN



PETUNJUK
Baca dengan cermat rencana pembelajaran yang akan dugunakan oleh guru/mahasiswa ketika mengajar, nilailah semua aspek yang teradapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian dibawah ini:

No
Uraian
1
2
3
4
5
1.
Menentukan bahan perbaikan dan merumuskan dan tujuan / indikator perbaikan pembelajaran

1.1
Menggunakan bahan perbaikan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulun dan masalah yang diperbaiki





1.2
Merumuskan tujuan khusus/indikator perbaikan pembelajaran






Rata-rata butir 1 = A

2.
Mengembangkan dan mengorganisasikan materi, menentukan tema, media (alat bantu pembelajaran) sumber belajar
2.1
Mengembangkan dan mengorganisasikan materi pembelajaran





2.2
Mengembangkan jaringan tema dan menentukan (khusus untuk pembelajaran tematik)





2.3
Menentukan dan mengembangkan alat bantu pembelajaran





2.4
Memilih sumber belajar






Rata-rata butir 2 = B

3
Merencanakan skenario perbaikan pembelajaran
3.1
Menentukan jenis kegiatan perbaikan pembelajaran yang sesuai dengan tema (untuk pembelajaran tematik)





3.2
Menyusun langkah-langkah perbaikan pembelajaran yang sesuai dengan tema (untuk pembelajaran tematik)





3.3
Menentukan alokasi waktu perbaikan pembelajaran





3.4
Memilih sumber belajar





3.5
Menentukan cara-cara motivasi siswa





3.6
Mempersiapkan pertanyaan






Rata-rata butir 3 = C

4.
Merancang pengelolaan kelas perbaikan pembelajaran
4.1
Menentukan penata ruang dan fasilitas belajar





4.2
Menentuka cara-cara mengorganisasikan siswa agar dapat berpartisipasi dalam perbaikan pembelajaran






Rata-rata butir 4 = D

5.
Merencanakan prosedur dan jenis penilaian (khusus untuk pembelajaran tematik prosedur penilaian harus dilakukan secara berkala berkeseimbangan dan menyeluruh)
5.1
Membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban






Rata-rata butir 5 = E

6
Tampilan dokumen rencana perbaikan pembelajaran
6.1
Kebersihan dan kerapian





6.2
Penggunaan bahasa tulis






Rata-rata butir 6 = F


Nilai APKG I = R
        A+B+C+D+E+F                               
R=  -----------------------   =     ----------------------------------    =     ----------  = 
                   6                                                                                      


Mengetahui                                                                 Bahal Batu,    Maret 2012
Kepala Sekolah                                                           Supervisor 2




MUHAMMAD HANIF SThI                             RIADUL ABDI HARAHAP. SThI
NIP. 7968968790675646568                            NIP. 09079790790687967957975765

Reactions:

0 comments:

Post a Comment