Monday, July 16, 2012

karya-karya Buya Hamka

1. Roman/Novel

Dalam bidang ini, Hamka menulis beberapa buku, antara lain: (1) Si Sabariyah, (2) Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, (3) Di Bawah Lindungan Ka’bah, (4) Merantau ke Deli, (5) Terusir, (6) Keadilan Ilahi, (7) Di Tepi Sungai Nil, (8) Di Tepi Sungai Dajlah, (9) Mandi Cahaya di Tanah Suci, dan (10) Empat Bulan di Amerika.

2. Politik

Di antara karya-karyanya yang berbau politik adalah: (1) Adat Minangkabau dan Agama Islam, (2) Revolusi Fikiran, (3) Revolusi Agama, (4) Adat Minangkabau Menghadapi Revolusi, (5) Negara Islam, (6) Sesudah Naskah Renville, (7) Merdeka, (8) Islam dan Demokrasi, (9) Urat Tunggang Pancasila.

3. Tasawuf, Dakwah, dan Sejarah

Mengenai tasawuf, sedikitnya ada empat buku yang ditulis oleh Hamka, yaitu: (1)Tasauf Modern, (2)Tasauf dari Abad ke Abad, (3) Mengembalikan Tasauf ke Pangkalnya, dan (4) Tasauf, Perkembangan dan Pemurniannya. Mengenai dakwah, paling tidak ada tiga buku yang ia tulis, yaitu: (1) Kepentingan Muballig, (2) Pedoman Muballig Islam, dan (3) Prinsip dan Kebijaksanaan Dakwah Islam. Adapun mengenai sejarah, ditemukan tiga buku karya Hamka, yaitu: (1) Sejarah Umat Islam, (2) Sejarah Islam di Sumatera, dan (3) Sejarah Hidup Jamaluddin al-Afghani.

4. Karya Islam Umum

Adapun karya-karya Hamka lainnya yang penulis tidak sempat klassifikasikan temanya, antara lain adalah: (1) Tafsir al-Azhar, (2) Agama dan Perempuan, (3) Pembela Islam, (4) Falsafah Hidup, (5) Lembaga Hidup, (6) Lembaga Budi, (7) Menunggu Beduk Berbunyi, (8) Pelajaran Agama Islam, (9) Pandangan Hidup Muslim, (10) Muhammadiyah Melalui Tiga Zaman, (11) Muhammadiyah di Minangkabau, (12) Kedudukan Perempuan dalam Islam, (13) Ayat-ayat Mi’raj, dan (14) Doa-doa Rasulullah.

Baca juga corak dan contoh penafsiran Buya Hamka

0 comments:

Post a Comment